Laman

Kamis, 21 Januari 2016

Wisata di Jakarta, YASS!

Kamu dari luar Jakarta dan akan berkunjung atau pindah ke Jakarta tapi bingung kemana aja kalo liburan atau pengen refreshing di Jakarta? Atau lahir dan tumbuh besar di Jakarta tapi belum pernah atau jarang ke tempat-tempat rekreasi di Jakarta. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata dan aktivitas di Jakarta (yang unik dan khas Jakarta).


REKREASI DI JAKARTA

(butuh waktu seharian untuk eksplor Taman Mini!) Pilih apa aja yang kalian mau kunjungin sesuai interest masing-masing. Beberapa rekomendasi adalah: Museum Indonesia, museum PP IPTEK, Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, naik kereta gantung alias gondola atau naik bebek-bebekan di danau, bermain air dan berenang di SnowBay Waterpark! 

Siapa yang gak tau Ancol? Kompleks luas isinya tempat main dan rekreasi semua! Cocok banget untuk keluarga karena lengkap.
Pantai Karnaval, Pantai Segara, dan Pantai Ancol Mall bisa jadi pilihan untuk anak-anak main di Pantai. Walaupun pantai biasanya ramai, tapi pantai buatan ini aman, dan juga disewakan mainan, ban pelampung, dan tikar. Selain pantai, ada DUFAN alias Dunia Fantasi! Kalo kamu penggemar theme park dan wahana-wahana extreme, DUFAN gak kalah seru, walaupun udah sering tapi setiap ke DUFAN saya selalu seneng karena seru! Wahana jet coaster, Kora-Kora, Kicir-Kicir, Arung Jeram, Istana Boneka untuk ngeringin baju abis main Arung Jeram, dan dengerin lagu nostalgik khas Istana Boneka. Setelah DUFAN, ada Gelanggang Samudra, sebuah taman yang asri dan bagus. Beberapa atraksi dan pertunjukan aneka satwa, ataupun atraksi stunt  di salah satu set yang dibuat sedemikian rupa mengikuti alur cerita (atraksi para stunt artist terjun dari tiang menggunakan tali, menjatuhkan diri ke air, menyemburkan api, menembakan pistol petasan, lompat-lompat di jetski, jetski nyelam ke air, dan macem-macem), Dolphin Show (dimulai dengan diputar film pendek tentang masa kecil 2 anak Indonesia yang menjadi pelatih lumba-lumba) seneng banget liat lumba-lumba karena mukanya kayak senyum terus, dan mereka hewan mamalia yang super pinter, dan interaksi sama pelatihnya. Lalu ada Mermaid Show, mereka adalah performer profesional yang menyelam di sebuah kolam besar di dinding dan kita bisa liat dari luar kolam. Ada sekitar 4 orang wanita dengan kostum mermaid warna-warni yang menari-nari di dalam air. Lalu Aneka Satwa yang menghadirkan pertunjukan hewan-hewan seperti anjing laut, berang-berang, burung, dll dan di dub (disuarakan) oleh seorang pelatih atau crew yang kocak seakan-akan hewan tersebut berbicara kepada pelatih yang ngasih instruksi.
Ada satu lagi tempat rekreasi wahana olahraga air yang wajib kamu coba yaitu Wakeboarding atau Cable Boarding. Semacam ski air namun kita akan ditarik oleh kabel. Tempatnya adalah di danau buatan di dalam Ancol. 


3. Lari keliling Stadion Gelora Bung Karno
Senayan atau Gelora Bung Karno merupakan pusat olahraga nasional dimana stadion utama dan terbesar di Indonesia yaitu Gelora Bung Karno berada. Walaupun kalo lagi gak ada pertandingan stadion ini ditutup untuk umum, tapi lari keliling stadion juga seru kok. Biasanya banyak warga Jakarta yang berolahraga di sekitar Senayan, beberapa komunitas juga sering kumpul di kawasan di Komplek GBK. Setelah lari muterin stadion GBK, cobain deh makan di tempat makan gerobakan di sekitar stadion. 

4. Piknik di MONAS sore-sore sampe malem, trus jalan-jalan di Pasar Malam di MONAS (because why not, kenapa tidak?!?!) Jangan lupa foto-foto didepan Monas, atau foto sama Pocong, Kuntilanak, Masha, karena mereka sebenernya adalah street performer (yang nyari nafkah) sama aja kayak Captain America atau Spider-Man kalo kamu di Times Square New York. *Ps. jangan lupa kasih uang setelah kamu foto sama mereka, mereka ada disitu bukan cuma buat seneng-seneng tapi nyari duit.


TEMPAT MAKAN / WISATA KULINER DI JAKARTA


5. Makan di Sabang. Sebagai tempat para ekspatriat dan pelancong (semacam Khaosan Road di Bangkok), Sabang surganya street food. Makan di warung-warung tenda malem-malem khas Jakarta banget.


6. Senopati Strip! Buat kamu para muda-mudi hipster mungkin bisa hangout layaknya urban hipster Jakartans di sepanjang Senopati Strip. Kafe-kafe, all kinds of restaurant, coffee shops, bar, lounge, toko fashion hipster, toko roti, toko dessert, toko kue, berjejer menggoda untuk dikunjungin satu-satu! Such a bright and vibrant street pas banget buat menghabiskan malam di Jakarta.


*Untuk harga tiket masuk ke tempat rekreasi seperti Taman Mini dan Ancol (dimana ada tiket masuk ke kompleks lingkungan taman wisata lalu untuk setiap taman bermain atau tempat rekreasi akan diberlakukan tiket masuk lagi) bisa langsung di cek di website mereka (cek juga promo-promo di internet).

*Semua destinasi di atas bisa ditempuh dengan bis TransJakarta, sekalian mencoba moda transportasi khusus milik Jakarta. Untuk naik TJ kamu harus beli card (seharga Rp. 40.000 dengan nominal yang bisa kita pakai Rp. 20.000) dan hindari hari kerja pada jam-jam berangkat dan pulang kerja karena bis pasti akan penuh dan jalanan macet).

Itu dulu yang kepikiran :) Kira-kira ada tempat rekomendasi? Share di comment ya!


Tidak ada komentar: